Tahun Baru, Kacamata Baru! Klaim Kacamata Gratis dari BPJS, Gimana Caranya?
Sumber: Canva.com

Health / 20 December 2023

Kalangan Sendiri

Tahun Baru, Kacamata Baru! Klaim Kacamata Gratis dari BPJS, Gimana Caranya?

Aprita L Ekanaru Official Writer
918

Kesehatan mata merupakan aspek penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan mata peserta dengan menyediakan program kacamata gratis. 

Program kacamata ini bertujuan untuk membantu peserta BPJS Kesehatan yang membutuhkan kacamata agar dapat mengakses pelayanan kesehatan mata dengan lebih mudah.

 

BACA JUGA: Radiasi Bersifat Buruk Pada Mata, Haruskah Kita Menggunakan Kacamata Anti Radiasi?

 

Berikut adalah panduan lengkap bagaimana cara mendapatkan kacamata gratis melalui program BPJS Kesehatan.

1. Minta Rujukan di Faskes Tingkat I

Langkah pertama dalam proses ini adalah meminta rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat I. Peserta dapat mengunjungi Puskesmas, klinik, atau dokter yang tertera dalam kartu BPJS Kesehatan mereka. Di sana, peserta dapat meminta surat rujukan untuk pemeriksaan mata lebih lanjut. Surat rujukan ini merupakan kunci untuk mengakses layanan spesialis mata dan merinci kebutuhan kacamata yang tepat.

Setelah mendapatkan surat rujukan, peserta perlu melanjutkan perjalanan ke dokter spesialis mata atau poliklinik yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Proses ini memungkinkan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan mata lebih mendalam dan menentukan resep kacamata yang sesuai dengan kondisi mata peserta.

Dokter spesialis akan menjadi panduan utama untuk memastikan kacamata yang diperoleh memiliki tingkat koreksi yang optimal.

2. Legalisir Resep Dokter

Langkah berikutnya setelah mendapatkan resep kacamata adalah melegalisir resep tersebut. Peserta dapat mengunjungi loket BPJS Kesehatan terdekat untuk melakukan proses legalisir.

Legalisir resep adalah langkah penting untuk memastikan keabsahan dan kevalidan resep kacamata yang diberikan oleh dokter spesialis mata. Proses ini juga menjadi tahap validasi administratif dalam klaim kacamata gratis.

3. Beli di Optik yang Kerja Sama dengan BPJS

Dengan resep yang telah dilegalisir, peserta dapat melanjutkan ke langkah terakhir, yaitu pembelian kacamata di optik yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Peserta dapat memilih optik yang nyaman dan terpercaya untuk mendapatkan kacamata sesuai dengan resep dokter. 

Pada tahap ini, peserta hanya perlu menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka kepada petugas administrasi di fasilitas kesehatan atau optik yang dipilih.

 

BACA JUGA: Mata Terasa Kering dan Sensitif? Lakukan 6 Hal Ini Untuk Meredakannya

 

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, peserta BPJS Kesehatan dapat dengan mudah dan efisien mengklaim kacamata gratis, memberikan warna baru pada pengalaman kesehatan mata mereka. Sambutlah Tahun Baru dengan pandangan yang jernih, dan jadikan kesehatan mata sebagai prioritas utama untuk memastikan kualitas hidup yang optimal.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami